Mumpung masih ingat kelar perpindahan musim hujan ke panas, ada baiknya untuk membongkar roda belakang spin. Berlaku juga buat skutik lainnya, cara ini ditunjukan sebagai langkah preventif, untuk mencegah timbulnya kerak di as roda dan alur seribunya.
Yang berdampak pada susahnya melepas velg dari dudukannya yakni as pada roda. Mumpung belum kejadian dan keraknya belum menguat di as roda and alur seribunya, maka lebih baik bongkar roda belakang.
Kemudian bersihkan kerak yang nimbun dialur seribu dan as rodanya. Sebagai langkah antisipasinya labur permukaan as roda dengan vet. Untuk mencegah terjadinya timbunan kerak pada permukaan as roda.
Selain keperluan mencegah potensi timbunan kerak di as roda dan alur seribu, pada bagian ini juga dimanfaatkan untuk mengecek kondisi kampas rem. Biasanya yang terjadi pada permukaan kampas rem spin mulai menghitam sekaligus mengeras. Ini yang mengakibatkan membuat rem jadi kurang pakem, Kendati pad kampas rem masih tebal.
Jadi jangan keburu diganti, untuk mensiasatinya mudah, cukup tambahkan nat miring pada posisi vertikal pada kampas rem, dengan jarak dua jari setiap pembentukan natnya. Sisi lainnya, olesi juga permukaan pegas spiral atau return springnya dengan vet.
Selain mencegah timbulnya karat, juga untuk memperlicin baliknya pegas spiral, dan cara ini bisa diaplikasi untuk semua jenis skutik, yang terkadang mengalami problem sama.
Sumber dari oto trend edisi Februari 2016, website www.ototrend.com
0 komentar:
Post a Comment