Kendati desain dan kontruksi piranti kopling bawaan pabrik sudah jago, tapi masih saja terjadi problem selip saat dipakai keperluan adventure. Disebabkan beban putaran yang ditanggung piramti kopling berlebihan.
Sehingga,disaat proses mengkail RPM untuk menghentak power, sering kali kampas kopling selip dari plat kopling. Alhasil, pad kampas kopling jadi mudah terbakar, bahkan padnya habis, mengingat kondisi mengkail RPM tadi ini terjadi berulang kali saat adventure, Buku kucing pebengkel trail asal Bangsri, Sukodono.
Untuk meminimalisirnya, dapat menambahkan sebiji plat saja. Tapi plat ini bukan plat kopling tetapi plat rangkaian bahan kampas kopling yang digerinda jari-jaritepinya. Jadi, jenis bahannya masih memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai media penjepit.
Tapi dalam penerapannya, pegas kopling ganti yang lebih renggang atau profil spiralnya lebih kecil. Agar saat menerima tekanan hingga mentok, tinggi pegas masih mampu menciptakan speling antar plat kopling dan kampas kopling.
Dengan maksud sama untuk meningkatkan ketahanan piranti kopling, tambahkan kapasitas oli mesin 100ml – 200ml. Agar kampas kopling maksimal direndam oli mesin dan tak mudah kering. Untuk itu jangan sampai menambahkan lubang pada rumah kopling dengan harapan menambah sirkulasi oli mesin. Pasalnya, akan membuat kampas kopling mudah kering lantaran oli mesin yang ngendon jadi berkurang.
0 komentar:
Post a Comment